Kanibalisme Hewan, Ritual Kecoa Saling Makan Setelah Kawin

Suratkabarindo – Kanibalisme seksual cukup umum terjadi pada serangga. Biasanya dalam hal ini betina berasal dari kelompok ekstrim, namun berbeda dengan kecoa pemakan kayu. Kanibalisme yang terjadi pada pasangan kecoak pemakan kayu (Salganea taiwanensis) terbilang unik karena saling melayani.

Peneliti menemukan perilaku ini, yang dikenal sebagai kanibalisme timbal balik, setelah mereka mengumpulkan 24 pasang kecoak di hutan Jepang. Peneliti kemudian membawa mereka ke laboratorium dan merekam kecoak tersebut selama tiga hari untuk mengetahui apa yang mereka lakukan.

Seperti dikutip dari Science Alert, Jumat (19/2/2021) usai menonton film tersebut, peneliti menemukan bahwa usai ritual kawin, kecoak terlihat saling mengunyah sayap selama berhari-hari secara bergantian.

Setelah kawin, salah satu kecoa tidak bergerak sama sekali. Sementara pasangannya dengan kasar mengguncang tubuhnya dari satu sisi ke sisi lain. Pesta itu akan berlanjut sampai keempat sayap benar-benar hilang.

Jika saling kanibalisme di antara kecoak pemakan kayu ini benar-benar terjadi di ranah pembohong, para peneliti mengatakan itu menunjukkan monogami yang sebenarnya.

Monogami ini adalah perilaku satu jenis kelamin yang menguntungkan pasangannya dengan cara yang sama. Namun pengamatan yang dilakukan hanya terjadi di laboratorium, sehingga peneliti belum melihat mengapa pasangan kecoa tersebut melakukan kanibal. togel online

Meski begitu, peneliti berpendapat bahwa perilaku ini lebih berkaitan dengan bentuk pengobatan untuk meningkatkan kelangsungan hidup pasangannya. Pasalnya, sayap kecoa yang terbuat dari daging, yang sebenarnya memakan bagian tubuh tersebut, tidak memberikan banyak nilai gizi bagi pasangannya.

Selain itu, kecoak pemakan kayu akan membesarkan anak-anaknya di batang kayu yang membusuk. Dalam ruang yang sempit, sayap mereka mungkin tidak banyak berguna.

Sayap juga bisa membuat DR. Itu rentan terhadap tungau dan infeksi. Oleh karena itu, operator sayap dengan satu sama lain dapat menjadi tindakan paling penuh kasih untuk jenis kecoa ini. Sebuah studi tentang kanibalisme pada kecoak pemakan kayu telah dipublikasikan di jurnal Ethology.

By adminskit

suratkabarindo merupakan berita akurat , tajam dan terpercaya di indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *