Kamu Penderita Liver, Ini 8 Makanan yang baik Bagi penderita liver

Suratkabarindo – Nutrisi memegang peranan penting dalam menunjang kesehatan liver atau liver. Meluncurkan situs resmi British Liver Trust, penderita liver perlu makan makanan bergizi seimbang.

Diet ini bermanfaat untuk menjaga kekuatan dan berat badan ideal.

Beberapa penderita hati perlu mengikuti pola makan khusus berdasarkan rekomendasi ahli gizi untuk mengobati penyakitnya. Apalagi jika ada gangguan nafsu makan, mual, lemas, bengkak di beberapa bagian tubuh.

Pasien perlu berkonsultasi secara intens dengan dokter yang merawat untuk menentukan pola makan yang paling tepat. Berikut beberapa makanan yang baik untuk menunjang kesehatan hati:

1. Kopi

Dilansir Healthline, kopi merupakan salah satu jenis makanan bagi penderita lever. Penelitian menunjukkan bahwa minum kopi dapat melindungi hati atau lever, bahkan bagi penderita masalah lever.

Minum kopi secara rutin juga dapat menurunkan risiko kanker hati.

Kopi baik untuk penderita lever karena dapat mencegah lemak menumpuk di lever sekaligus mengurangi peradangan.

2. Teh hijau

Penelitian menunjukkan bahwa minum teh hijau secara teratur dapat meningkatkan fungsi hati dengan mengurangi stres oksidatif dan timbunan lemak di hati (perlemakan hati).

Selain itu, penelitian juga membuktikan bahwa orang yang rajin meminum teh hijau memiliki risiko kecil terkena kanker hati. Namun bagi penderita lever perlu berhati-hati dalam meminum teh hijau dalam bentuk suplemen karena dapat merusak lever. Pilih teh hijau segar. Untuk lebih amannya, pastikan berkonsultasi ke dokter sebelum mengonsumsi teh hijau.

3. Anggur

Anggur, terutama anggur merah dan ungu, merupakan makanan yang baik untuk penderita lever. Anggur mengandung senyawa resveratrol yang berpotensi melawan peradangan, mencegah kerusakan sel, dan meningkatkan antioksidan.

Studi menunjukkan bahwa orang dengan perlemakan hati yang rutin diberikan ekstrak anggur selama tiga bulan mengalami peningkatan fungsi hati.

4. Sedikit

Jus bit merupakan makanan yang baik untuk penderita liver. Bit mengandung nitrat dan anti-oksidan yang ampuh untuk mengurangi stres oksidatif, pembengkakan, dan radang hati.

Selain itu, bit juga meningkatkan enzim untuk membantu detoksifikasi alami.

5. Sayuran renyah

Sayuran renyah seperti brokoli dan sawi dikenal karena kandungan seratnya yang tinggi. Selain itu, sayur yang renyah ini juga menjadi makanan yang baik untuk dikonsumsi oleh para penderita lever.

Sayuran ini dapat meningkatkan enzim detoksifikasi, melindungi hati dari kerusakan, dan berpotensi mencegah gagal hati.

6. Kacang

Kacang-kacangan tinggi lemak, kaya antioksidan dan vitamin E. Nutrisi yang terkandung di dalam kacang ini baik untuk menjaga kesehatan hati. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang dengan hati berlemak yang rutin makan kacang-kacangan telah meningkatkan enzim hati mereka.

7. Ikan

Ikan berlemak seperti salmon, herring, tuna, dll mengandung asam lemak omega-3 yang bermanfaat bagi hati. Penelitian menunjukkan bahwa makan ikan terbukti mencegah penumpukan lemak, menjaga enzim hati tetap normal, dan melawan peradangan.

Seimbangkan konsumsi diet kaya omega-3 dengan diet pengurangan lemak jenis omega-6 yang ditemukan dalam minyak nabati. Konsumsi omega-6 yang terlalu banyak dapat memperburuk penyakit hati. togel online

8. Minyak zaitun

Minyak zaitun merupakan makanan yang baik untuk dikonsumsi penderita lever. Minyak zaitun berdampak positif pada hati dengan meningkatkan enzim hati dan protein yang berdampak positif pada metabolisme.

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa konsumsi minyak zaitun telah terbukti mengurangi risiko perlemakan hati atau mencegah penumpukan lemak di hati.

By adminskit

suratkabarindo merupakan berita akurat , tajam dan terpercaya di indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *