Joe Biden Dianggap Remehkan PM Israel, Ini Jawabannya ...

Suratkabarindo – Gedung Putih membantah bahwa Presiden Joe Biden dengan sengaja menghina Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu karena dia tidak meneleponnya sejak dilantik pada 20 Januari.

Kurangnya kontak langsung Biden dengan Netanyahu telah memicu spekulasi di kalangan analis Israel dan Timur Tengah, seperti dilansir Al Jazeera pada Sabtu (13/2/2021).

Pemerintahan Biden, yang usianya kurang dari sebulan, dinilai menunjukkan ketidaksenangannya terhadap Netanyahu, teman dekat pendahulunya, Donald Trump.

“Dia berencana untuk berbicara dengan Perdana Menteri Netanyahu,” kata juru bicara Gedung Putih Jen Psaki kepada wartawan pada konferensi pers harian, Jumat (12/2/2021).

Kemudian, mengenai jadwal Biden untuk memanggil pemimpin Israel, Psaki berkata, “Saya akan memastikan Anda melakukannya segera, tetapi saya tidak tahu detail waktu atau tenggat waktu.”

Selanjutnya, ketika ditanya apakah panggilan telat Biden berarti tidak menghormati sekutu Trump, Psaki menjawab, “Itu tidak disengaja. Perdana Menteri Netanyahu adalah seseorang yang telah dikenal presiden selama beberapa waktu.” Biden, katanya, “menantikan percakapan itu.”

Diremehkan?

Israel adalah salah satu sekutu terdekat AS. Trump dan Barack Obama berbicara dengan Netanyahu hanya beberapa hari setelah menjabat.

Biden telah melakukan panggilan telepon ke sejumlah pemimpin asing, termasuk China, Meksiko, Inggris, India, Prancis, Jerman, Jepang, Korea Selatan, dan Rusia. Sementara itu, Netanyahu sendiri tidak memperhatikan anggapan bahwa dirinya dipandang sebelah mata oleh Biden.

Netanyahu dikenal memiliki kebijakan di Timur Tengah yang hampir selalu sejalan dengan Trump, sedangkan dengan Biden dimungkinkan memiliki hubungan yang agak dingin. togel online

Biden di Israel telah lama dipandang sebagai teman Washington, tetapi dia dan Netanyahu terkadang tidak saling berhadapan. Netanyahu akan ditantang jika Biden memulihkan partisipasi AS dalam kesepakatan nuklir Iran, yang ditarik Trump.

Langkah Trump telah membuat hubungan Washington dengan Palestina berantakan. Biden berjanji untuk memulihkan hubungan dengan Palestina dan, sebagai tambahan, menentang pembangunan permukiman Israel di tanah yang diduduki, di mana orang-orang Palestina mencari status kenegaraan.

By adminskit

suratkabarindo merupakan berita akurat , tajam dan terpercaya di indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *