Internet Mati Lagi di Seluruh Myanmar, Militer Melawan Massa

Suratkabarindo – Militer Myanmar semakin menindak gerombolan anti kudeta. Mereka kembali memutus internet pada Senin (15/2/2021) setelah menembaki para pengunjuk rasa untuk membubarkan demonstrasi.

Demonstrasi Myanmar terus melawan kudeta dan menuntut pembebasan pemimpin de facto Aung San Suu Kyi. Kelompok pemantau internet NetBlocks mengatakan penutupan informasi yang diperintahkan negara telah membuat Myanmar hampir seluruhnya offline.

Sementara itu di Myitkyina, petugas dilaporkan menembakkan gas air mata dan menembaki massa. Seorang wartawan di tempat kejadian mengatakan tidak diketahui apakah polisi menggunakan peluru karet atau timah panas.

Pernyataan bersama dari duta besar Amerika Serikat (AS), Inggris, dan Uni Eropa mendesak aparat keamanan untuk tidak merugikan warga sipil. “Kami menyerukan kepada pasukan keamanan untuk menahan diri dari kekerasan terhadap demonstran, yang memprotes penggulingan yang sah,” kata duta besar itu.

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres setuju dengan seruan itu, mendesak pihak berwenang untuk sepenuhnya menghormati hak untuk memprotes dan tidak menindak para demonstran.

Melalui juru bicaranya, Guterres juga meminta agar militer Myanmar segera mengizinkan diplomat Swiss, Christine Schraner Burgener, berkunjung untuk menilai situasi secara langsung.

Pelapor khusus PBB Tom Andrews mengatakan upaya militer Myanmar untuk menumpas demonstrasi yang memanas adalah tanda-tanda frustrasi dan sama dengan deklarasi perang terhadap rakyatnya sendiri. togel online

“Perhatian jenderal: Anda AKAN dimintai pertanggungjawaban,” tulisnya di Twitter.

Penutupan internet akhir pekan lalu gagal meredam protes kudeta Myanmar, yang menyebabkan kerumunan besar-besaran berdesakan di pusat kota-kota besar hingga desa-desa perbatasan yang terisolasi.

Para pekerja yang mogok memimpin demonstrasi, dan mereka termasuk di antara setidaknya 400 orang yang ditahan sejak kudeta militer, kata kelompok pemantau Asosiasi Bantuan untuk Tahanan Politik.

By adminskit

suratkabarindo merupakan berita akurat , tajam dan terpercaya di indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *