Ini Penyebab Wanita Tidak Sadar Dirinya Hamil

Suratkabarindo – Pernahkah Anda mendengar tentang wanita yang tiba-tiba melahirkan tanpa mengetahui bahwa dirinya sedang hamil? Nah, kejadian seperti itu sering kali dikaitkan dengan hal-hal yang berbau mistik. Padahal, dalam dunia medis kondisi ini dikenal sebagai kehamilan samar atau kehamilan samar.

Apa itu kehamilan samar?

Wanita yang mengalami kehamilan samar tidak menyadari bahwa mereka hamil. Biasanya, mereka baru menyadarinya pada beberapa minggu terakhir kehamilan atau saat melahirkan.

Wanita yang mengalami kehamilan tersembunyi juga tidak mengalami gejala yang umum dialami wanita hamil. Nyatanya, mereka masih mengalami haid yang teratur. Ini terjadi karena fluktuasi hormonal juga bisa memicu pendarahan ringan yang menyerupai haid.

Bayi yang lahir dari kehamilan samar cenderung memiliki berat badan yang kurang. Hal tersebut terjadi karena sang ibu tidak melakukan perawatan atau pemeriksaan kehamilan.

Apa penyebabnya?

Wanita dengan periode menstruasi yang tidak teratur cenderung mengalami kehamilan yang sama. Selain itu, kehamilan yang sama bisa terjadi akibat penyakit berikut:

  • usia yang lebih muda
  • dukungan sosial dan keluarga yang buruk
  • penyakit kejiwaan
  • riwayat penyalahgunaan narkoba.
  • Tes kehamilan dan bahkan ultrasound dapat terlihat negatif jika Anda mengalami kehamilan samar.

Biasanya, kehamilan samar juga dipicu oleh kondisi berikut:

– Fluktuasi hormonal

Jika Anda menderita PCOS, mengalami menstruasi yang terlewat atau tidak hadir, sangat aktif atau atletis, atau baru saja melahirkan, kemungkinan besar Anda mengalami fluktuasi hormon. Ini bisa memicu siklus haid yang tidak teratur. Jika Anda tidak mendapatkan menstruasi secara teratur, hCG (hormon kehamilan) Anda mungkin tidak terakumulasi secara signifikan untuk tes kehamilan untuk memberikan hasil yang akurat. togel online

– Hasil USG yang tidak meyakinkan

Ultrasonografi juga dapat gagal menemukan janin yang sedang tumbuh jika tidak dilakukan di area yang tepat.

Jika dari pemeriksaan USG sebelumnya menunjukkan bahwa Anda tidak hamil, bisa jadi teknisi USG tidak mencari janin yang sedang tumbuh dari dekat atau pemeriksaan USG dilakukan terlalu cepat. Selain itu, kesalahan USG juga bisa terjadi akibat cara pembentukan rahim dan ketidakteraturan posisi embrio.

Dampak kehamilan masih samar

Karena wanita dengan kehamilan tersembunyi mungkin baru menyadari kehamilan di akhir kehamilan, mereka mungkin mengalami tekanan emosional. Kondisi ini dapat meningkatkan risiko depresi pasca melahirkan, risiko penganiayaan, penelantaran anak, dan kematian. Pada bayi, kehamilan tersembunyi juga dapat menyebabkan kelahiran prematur, berat badan rendah, dan kematian.

By adminskit

suratkabarindo merupakan berita akurat , tajam dan terpercaya di indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *