India-Cina Telah Menarik Pasukan dari Depan Perbatasan Himalaya

Suratkabarindo – India pada Minggu (21/2/2021) mengatakan pasukan mereka bersama China telah menyelesaikan penarikan dari perbatasan Himalaya yang disengketakan.

Kedua negara tetangga telah bertempur di perbatasan sejak tahun 1962, dan saling menuduh perbatasan mereka yang tidak dapat dijelaskan. Baru-baru ini, bentrokan terjadi di lembah sungai Galwan di wilayah Ladakh India, tepat di seberang Tibet pada Juni 2020.

Bentrokan itu memakan 20 korban jiwa dari pihak India, dan China pada Jumat (19/2/2021) mengungkapkan empat tentaranya tewas.

Setelah sembilan putaran pembicaraan militer tingkat tinggi yang diadakan sejak bentrokan Juni, pekan lalu Menteri Pertahanan India Rajnath Singh mengatakan kedua pihak setuju untuk mundur dari kawasan Danau Pangong.

Kementerian Pertahanan India kemudian membuat pernyataan bersama dengan China, bahwa dalam perundingan putaran ke-10 pada Sabtu (20/2/2021) kedua pihak sepakat untuk menarik pasukan garis depan dari kawasan Danau Pangong.

Pernyataan mereka mengatakan itu adalah langkah maju yang signifikan yang merupakan titik awal yang baik untuk penyelesaian sengketa lain di sektor perbatasan barat yang diperebutkan.

“Kedua belah pihak sepakat untuk … melanjutkan komunikasi dan dialog mereka, menstabilkan dan mengendalikan situasi di lapangan (dan) mempromosikan solusi yang dapat diterima bersama untuk masalah yang tersisa,” lanjut pernyataan itu. togel online

Perbatasan India-China membentang sepanjang 3.500 kilometer. Selain di Ladakh, bentrokan juga rawan terjadi di Aksai Chin, koridor strategis yang menghubungkan Tibet dengan China bagian barat di sebelah lembah Galwan. Juga di puncak Naku La, sisi timur yang menghubungkan bagian negara Sikkim dengan Tibet.

By adminskit

suratkabarindo merupakan berita akurat , tajam dan terpercaya di indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *