HPN 2021, Menteri Agama: Peran Pers Terbukti Sangat Vital dan Strategis

Suratkabarindo – Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menilai pers memiliki peran dan fungsi yang strategis dalam pembangunan bangsa.

Menurut Yaqut, pers memiliki fungsi yang lebih luas yaitu menyampaikan ilmu yang berharga kepada masyarakat. Namun, ia menyadari, tugas tersebut tidak mudah dilakukan seiring dengan masifnya perkembangan dunia teknologi informasi digital.

Di sinilah tantangan pers nasional agar bisa beradaptasi dan menjadi penjelas di tengah banjir informasi dari mana-mana, kata Yaqut seperti dikutip dari situs resmi Kementerian Agama, Selasa (9/2/2021). ).

Yaqut pun berharap fungsi pers sebagai penjelas informasi di masyarakat bisa terus menjadi perhatian. Pasalnya, dampak dari kebebasan informasi telah menyebabkan munculnya berita hoax, ujaran kebencian, dan hal-hal negatif lainnya.

Yaqut berharap Hari Pers Nasional (HPN) 2021 dapat menjadi momentum bagi pers Indonesia untuk bangkit di tengah sulitnya situasi pandemi Covid-19.

“Peran pers terbukti sangat vital dan strategis bagi Kementerian Agama, kuncinya adalah beradaptasi bersama, berkolaborasi, bersinergi sehingga tercipta ekosistem yang berinteraksi secara positif,” ujarnya.

Sedangkan Hari Pers Nasional diperingati setiap 9 Februari. Peringatan HPN dikukuhkan dalam Keputusan Presiden Nomor 5 Tahun 1985.

Dalam Perpres tersebut disebutkan bahwa pers nasional Indonesia memiliki sejarah perjuangan dan peran penting dalam menjalankan pembangunan sebagai pengamalan Pancasila. togel online

Sejarah hari pers tidak lepas dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI). Sebab, pada 9 Februari 1946, PWI dibentuk. Selanjutnya pada tanggal 23 Januari 1985, Presiden Soeharto kemudian menetapkan tanggal 9 Februari sebagai Hari Pers Nasional, yang bukan merupakan hari libur.

By adminskit

suratkabarindo merupakan berita akurat , tajam dan terpercaya di indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *