Gempa Besar Terjadi Di Kepulauan Pasifik

Suratkabarindo – Gempa berkekuatan 6,2 skala Richter telah melanda lepas pantai Vanuatu. Gempa tersebut melanda 90 kilometer sebelah barat Port-Vila sekitar pukul 12.00 waktu setempat pada Selasa (16/2/2021), menurut Survei Geologi AS yang dilansir Daily Mail.

Gempa terjadi di kedalaman 10 kilometer. Tidak ada peringatan tsunami setelah guncangan. Fenomena alam ini terjadi kurang dari seminggu setelah kawasan itu diguncang

Gempa pekan lalu terjadi tepat setelah tengah malam pada Kamis (11/2/2021) waktu setempat. Terletak sekitar 415 kilometer di timur Vao di Kaledonia Baru pada kedalaman 10 kilometer.

Pusat Peringatan Tsunami Pasifik NWS pemerintah AS mengatakan gempa tersebut akan menghasilkan gelombang tsunami berbahaya yang diperkirakan terjadi di beberapa pantai.

Dikatakan bahwa gelombang yang mencapai antara 0,3 hingga satu meter di atas permukaan air pasang dimungkinkan terjadi di Fiji, Selandia Baru, dan Vanuatu. Gelombang 0,3 meter menghantam Fiji, menurut umpan Twitter departemen seismologi negara pulau itu. Namun, Seismologi Fiji kemudian membatalkan peringatan tsunami tersebut.

“Pengamat seismologi pada penilaiannya sekarang telah memverifikasi dan mengkonfirmasi pembatalan peringatan dan semua informasi yang jelas telah dikeluarkan untuk seluruh kelompok Fiji,” katanya. togel online

Biro Meteorologi Australia pada Kamis (11/2/2021) mengonfirmasi dalam postingan Twitternya bahwa telah terjadi tsunami. Biro pada saat itu memperingatkan tentang ancaman terhadap Pulau Lord Howe, yang berjarak sekitar 550 kilometer (340 mil) timur daratan Australia, tetapi mengatakan evakuasi tidak diperlukan.

Penduduk di ibu kota Vanuatu, Port Vila, mengatakan mereka merasakan gempa itu, tetapi tidak ada kerusakan baik dari guncangan atau gelombang berikutnya.

By adminskit

suratkabarindo merupakan berita akurat , tajam dan terpercaya di indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *