Dirut Pos Indonesia Salurkan BST dari Kemensos, Untuk Korban Longsor Di Purwakarta

Suratkabarindo – Curah hujan yang tinggi dalam beberapa hari terakhir di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat telah mengakibatkan beberapa daerah dilanda banjir dan longsor.

Salah satunya terjadi di Dusun Cirangkong, Desa Pesanggrahan, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Purwakarta pada Sabtu (20/2/2021). Berdasarkan data tim kelurahan, Senin (15/2/2021), sedikitnya ada 145 Kepala Keluarga (KK) dengan total 523 warga yang menjadi korban longsor.

Bencana ini juga mengakibatkan kerusakan parah pada 75 rumah dan 41 rumah rusak ringan. Untuk status kondisi di kawasan ini, Direktur Utama (Dirut) PT Pos Indonesia Faizal Rochmad Djoemadi dan jajaran Pos Purwakarta mendatangi warga yang berada di pengungsian.

Perpindahan tanah tersebut menyebabkan banyak jalan retak dan sulit dilalui. Kondisi ini terjadi dengan berjalan kaki menuju lokasi evakuasi. Menurut Faizal, kondisi banjir juga membuat warga sulit tidur dan mendapat penerangan yang cukup di malam hari.

“Ada tenda dari Kementerian Sosial (Kemensos) dan Dinas Sosial (Dinsos). Sepertinya tidak bisa bertahan lama karena banjir melanda lantai. Jadi, mereka tidak bisa tidur dan lampu terbatas,” ucapnya.

Faizal. Meski mendapat bantuan dari pemerintah pusat dan daerah, Faizal mengapresiasi kerja sama warga karena banyak warga yang berinisiatif membangun tempat tidur dan tenda pengungsian.

Situasi dan akses yang terbatas membuat masyarakat dievakuasi ke tempat yang lebih layak. Demikian jatah Kepala Desa Pesanggrahan, Yadi Supriyadi, saat ditemui Faisal, Sabtu. Menurut Yadi, akibat situasi tersebut, banyak warga yang tidak bisa kembali ke rumah masing-masing.

“Kalau banjir surut bisa langsung pulang. Kalau di sini tidak bisa langsung pulang, karena sudah banyak uang habis dan rumah sudah hancur. Jadi kami berharap ada bantuan biaya relokasi dari pemerintah pusat, “kata Yadi.

Yadi menambahkan, warga di pengungsian juga membutuhkan beberapa barang untuk kebutuhan sehari-hari, seperti kasur lantai, selimut, dan popok bayi.

Menanggapi pernyataan Yadi, Faizal menyebut desa tersebut berada pada jalur rawan longsor. Akan sangat berbahaya jika warga kembali ke tempat tinggal lama mereka.

“Kami mendesak pemerintah untuk merelokasi warga, karena tidak mungkin membangunnya lagi. Bahaya ini terletak di jalur longsor,” kata Faizal. Baik Faizal maupun Yadi sepakat bahwa peran pemerintah dalam meningkatkan infrastruktur desa sangat dibutuhkan.

Faizal bahkan mengatakan pihaknya telah mengundang sejumlah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk membantu para pengungsi. “Kami juga mengajak kawan-kawan BUMN lainnya untuk bersama-sama membantu para pengungsi Desa Pesanggrahan,” kata Faizal.

BST untuk para korban

Guna meringankan beban warga, Pos Indonesia menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST) kepada 55 anggota keluarga penerima (KPM). Program bantuan tunai sebesar Rp. 300.000 dari Kementerian Sosial yang dikirimkan langsung kepada para korban melalui Kantor Pos Kabupaten Purwakarta.

Selain Faizal, pendistribusian BST tersebut juga didampingi oleh Sekretaris Perusahaan Pos Indonesia Tata Sugiarta, Kepala Kantor Pos Purwakarta Aisah, Kepala Wilayah 5 Bandung Sri Hendarto beserta rombongan. togel online

“Kami ingin melihat langsung bagaimana BST bisa langsung didistribusikan di wilayah pasca bencana,” kata Faizal.

Keberadaan BST diakui sangat berarti bagi KPM. Salah satunya Empud, warga terdampak bencana yang rumahnya hancur akibat longsor. Menurut dia, BST yang diberikan Kementerian Sosial sejak Januari 2021 sudah cukup untuk membantunya memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Apalagi, kata Empud, dirinya dan keluarganya sudah tidak memiliki tempat berteduh. Ia juga berharap pemerintah bisa turun tangan membantu para korban dengan menyediakan rumah pengganti yang layak. Kondisi serupa juga disampaikan Budi. Ia berharap BST dapat berlanjut hingga akhir 2021.

“Saat ini mereka tidak memiliki pekerjaan tetap dan hanya bisa mengandalkan bantuan pemerintah dan warga untuk kehidupan sehari-hari,” ujarnya. Terkait harapan warga untuk perpanjangan BST, Faizal mengungkapkan, saat ini Pos Indonesia sudah mendapat instruksi penyaluran bantuan hingga April 2021.

“Kalau memang Kementerian Sosial memperpanjang, Kami Pos Indonesia siap membantu pemerintah untuk menyalurkan bantuan. membantu sampai ke ujung Indonesia, ”serunya.

By adminskit

suratkabarindo merupakan berita akurat , tajam dan terpercaya di indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *