Covid belum mereda, masyarakat diimbau untuk tetap waspada

Suratkabarindo – Masyarakat diimbau untuk terus meningkatkan kewaspadaan guna menekan penularan Covid-19 di tengah-tengah masyarakat. Menurut Co-Founder Kawal Covid-19 Elina Ciptadi, meski jumlah kasus positif saat ini miring, berdasarkan data Kawal Covid-19, jumlah penelusuran yang dilakukan pemerintah juga mengalami penurunan.

“Tingkat positivitas kasus Indonesia masih terparah di Asia, rasio isolation tracing (contact tracing) masih jelek.“ Test positivity yang buruk, tracing rendah artinya masih banyak kasus yang belum terdeteksi, ” kata Elina saat dihubungi Kompas.com, Senin (15/2/2021) menjelaskan, jika dibandingkan dengan Januari, pada dua pekan pertama Februari terjadi penurunan jumlah tes yang dilakukan pemerintah menjadi sekitar 3.000. orang.

Pada bulan Januari, berdasarkan data yang diberikan oleh Kawal Covid-19, pemerintah melakukan pengujian rata-rata sebanyak 40.184 orang. Sedangkan pada bulan Februari pemerintah melakukan pengujian rata-rata terhadap 36.977 orang.

Terjadi penurunan rata-rata Jumlah orang yang dites antara Januari dan Februari sekitar 3.000. Di akun Instagram @ kawalcovid.id juga disebutkan bahwa rata-rata kasus harian dalam seminggu terakhir yaitu 8-14 Februari turun 25 persen dibandingkan minggu sebelumnya. , 1-7 Februari.

Namun, jumlah orang yang diperiksa dalam sepekan terakhir juga turun 20 persen dibanding pekan sebelumnya. Oleh karena itu, Elina mengimbau kepada masyarakat untuk terus menjaga diri dan lingkungan sekitarnya. Selain itu, pemerintah juga diminta tetap menduplikasi proses penelusuran dan pengujian meski sudah ada kebijakan Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) atau kebijakan serupa.

“Masyarakat tetap harus jaga diri bahkan jangan abaikan karena kasus (positif Covid-19) sudah turun. Pemerintah juga terus memperbanyak jejak dan tes meski ada PPKM atau kebijakan serupa,” kata Elina. .

“Karena keterbatasan jam atau kapasitas jika tidak dibarengi isolasi dari semua kasus positif ya masih ada yang positif (Covid-19). Tapi belum bergejala, mereka akan bebas berkeliaran dan menulari orang-orang di sekitarnya, “dia melanjutkan. togel online

Berdasarkan data yang dibagikan Satgas Penanganan Covid-19 pada Senin (15/2/2021) sore, terdapat 6.462 kasus baru pasien yang dipastikan positif Covid-19. Sehingga secara kumulatif saat ini terdapat 1.223.930 kasus positif Covid-19 di Indonesia. Jumlah penambahan tersebut didapatkan dari hasil pemeriksaan 26.388 spesimen dalam 24 jam terakhir.

Ada tiga provinsi yang belum melaporkan adanya tambahan kasus baru Covid-19 saat ini, yakni Aceh, Kalimantan Barat, dan Maluku. Sedangkan lima provinsi dengan jumlah kasus positif tertinggi adalah DKI Jakarta (1.879 kasus baru), Jawa Barat (947 kasus baru), Jawa Tengah (881 kasus baru), Jawa Timur (432 kasus baru) dan Kalimantan Timur (362 kasus baru). kasus).

Hari ini pemerintah juga mengumumkan ada 6.792 pasien yang dinyatakan sembuh. Dengan demikian total penderita yang sembuh dari Covid-19 sebanyak 1.032.065 orang.

By adminskit

suratkabarindo merupakan berita akurat , tajam dan terpercaya di indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *