China Mengalahkan AS sebagai Mitra Dagang Terbesar UE

Suratkabarindo – China tahun lalu mengungguli Amerika sebagai mitra dagang terbesar Uni Eropa (UE), kata badan statistik Uni Eropa, Eurostat, Senin (15/2/2021).

Sementara Inggris, yang keluar dari blok UE, adalah mitra dagang terbesar ketiga untuk blok tersebut, setelah China dan Amerika, badan statistik mencatat. Keunggulan China muncul setelah menderita pandemi virus korona pada kuartal pertama, tetapi pulih dengan cepat bahkan dengan permintaan melebihi level tahun lalu pada akhir 2020.

Hal ini mendorong penjualan produk Eropa, khususnya di sektor otomotif dan barang mewah, sementara ekspor China ke Eropa diuntungkan dari permintaan yang kuat untuk perangkat medis dan elektronik.

Penurunan peringkat AS terjadi ketika UE dan China berupaya meratifikasi kesepakatan investasi yang telah lama dinegosiasikan yang akan memberi perusahaan-perusahaan Eropa akses yang lebih mudah ke pasar China. togel online

Eurostat mencatat, nilai perdagangan dengan China mencapai 711 miliar dolar AS pada 2020, dibandingkan dengan 673 miliar dolar AS dengan AS. Badan statistik mengatakan ekspor UE naik 2,2 persen menjadi 202,5 ​​miliar euro, sementara pada saat yang sama impor dari China naik 5,6 persen menjadi 383,5 miliar euro. Ekspor UE ke AS turun 13,2 persen dalam periode yang sama dan impor turun 8,2 persen.

By adminskit

suratkabarindo merupakan berita akurat , tajam dan terpercaya di indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *