Biden Mengancam Membekukan Aset Jenderal Myanmar yang Melakukan Kudeta

Suratkabarindo – Presiden Joe Biden pada Rabu (10/2/2021) mengatakan Amerika Serikat akan menindak para jenderal Myanmar yang melakukan kudeta militer.

“Hari ini saya kembali menyerukan kepada militer Burma untuk segera membebaskan para pemimpin politik demokratis dan aktivis yang mereka tangkap termasuk Aung San Suu Kyi dan Presiden Win Myint,” kata Biden seperti dikutip AFP. “Militer harus melepaskan kekuasaan,” lanjutnya.

Presiden ke-46 Negeri Paman Sam itu memutus aliran dana US $ 1 miliar (Rp 14 triliun) di Amerika yang bisa diakses para jenderal, dan akan segera menjatuhkan sanksi baru.

“Saya telah menyetujui perintah eksekutif baru yang akan memungkinkan kami untuk segera memberikan sanksi kepada para pemimpin militer yang menghasut kudeta, kepentingan bisnis mereka, dan anggota keluarga dekat,” kata Biden.

Politisi dari Partai Demokrat itu juga mengatakan, pemerintahnya akan menentukan target putaran pertama siapa yang akan dikenai sanksi pekan ini.

Dia juga menegaskan kembali bahwa AS tidak akan mengekang bantuan ke Myanmar (yang disebut Biden Burma), yang ditujukan untuk masyarakat sipil atau kelompok kemanusiaan. togel online

Hukum AS melarang pengiriman bantuan kepada pemerintah yang mengambil alih kekuasaan dalam kudeta, meskipun hampir semua pendanaan mereka ke Myanmar melalui organisasi non-pemerintah.

Para jenderal termasuk komandan militer yang memimpin kudeta, Min Aung Hlaing, sudah berada dalam cengkeraman sanksi perjalanan dan finansial atas penganiayaan terhadap Muslim Rohingya.

Juru bicara Departemen Luar Negeri AS Ned Price mengatakan Amerika masih dapat meningkatkan tekanan lagi pada para jenderal dengan mengoordinasikan tindakannya dengan sekutunya.

“Kami bisa menjatuhkan sanksi yang lebih keras dengan bekerja sama dengan mitra dan sekutu yang sejalan,” kata Price.

By adminskit

suratkabarindo merupakan berita akurat , tajam dan terpercaya di indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *