Biden Akhiri Dukungan untuk Arab Saudi dalam Perang di Yaman

Suratkabarindo – Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden pada Kamis (4/2/2021) menyatakan bahwa AS akan berhenti mendukung kampanye militer yang dipimpin Arab Saudi di Yaman. Biden menuntut proxy war antara Arab Saudi dan Iran yang sudah berlangsung lebih dari 6 tahun dihentikan.

Presiden Biden juga menunjuk diplomat Timothy Lenderking sebagai utusan khusus AS di Yaman yang bertujuan untuk memperkuat diplomasi Amerika untuk mengakhiri perang di Yaman, perang yang telah menciptakan krisis kemanusiaan dan bencana kawasan strategis.

PBB menggambarkan Yaman sebagai krisis kemanusiaan terbesar di dunia dengan 80 persen populasinya sangat membutuhkan dan jutaan orang di ambang kelaparan skala besar. “Perang ini harus diakhiri,” kata Biden selama kunjungannya di Kementerian Dalam Negeri di Washington.

“Dan untuk menegaskan komitmen kami, kami mengakhiri semua dukungan untuk operasi ofensif dalam perang di Yaman, termasuk penjualan senjata yang relevan.” Langkah tersebut merupakan kebalikan dari kebijakan pemerintahan Barack Obama sebelumnya, serta pemerintahan Donald Trump.

Biden sendiri adalah wakil presiden di pemerintahan Obama.

“Pada saat yang sama,” kata Biden pada hari Kamis, “Arab Saudi menghadapi serangan rudal, serangan UAV (drone) dan ancaman lain dari pasukan yang disuplai Iran di banyak negara. Kami akan terus mendukung dan membantu Arab Saudi mempertahankan kedaulatannya dan integritas teritorial dan rakyatnya.

“Arab Saudi menyambut baik pernyataan Biden, terutama komitmennya terhadap pertahanan nasional dan menangani ancaman terhadapnya, menurut kantor berita negara itu. togel online

Koalisi militer pimpinan Saudi melakukan intervensi di Yaman pada hari Kamis. 2015, mendukung pasukan pemerintah yang memerangi Houthi yang berpihak pada Iran, para pejabat PBB berusaha menghidupkan kembali pembicaraan damai untuk mengakhiri perang karena penderitaan negara itu juga diperburuk oleh krisis ekonomi, jatuhnya mata uang, dan pandemi Covid-19.

By adminskit

suratkabarindo merupakan berita akurat , tajam dan terpercaya di indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *