Berdalih Cegah Perang Nuklir, Kim Jong Un Serukan Penguatan Militer Korea Utara

Suratkabarindo – Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong Un menyerukan negaranya memiliki kekuatan militer maksimum untuk mencegah perang nuklir yang lebih besar.

Pernyataan Kim Jong Un itu diutarakan oleh kantor berita pemerintah, KCNA, pada Rabu (13/1/2021). Kim Jong Un berpidato pada hari terakhir Kongres Partai Buruh Kedelapan.

Kongres partai tersebut digelar kurang dari dua minggu sebelum Joe Biden dilantik sebagai Presiden AS pada 20 Januari.

“Kami harus melakukan segala yang kami bisa untuk meningkatkan pencegahan perang nuklir lebih jauh lagi saat kami membangun kemampuan militer terkuat,” kata Kim Jong Un.

Pekan lalu, Kim Jong Un juga mengatakan akan memperluas kemampuan militernya untuk mempertahankan Korea Utara.

Dia juga meminta peserta kongres untuk menempatkan kemampuan pertahanan negara pada tingkat yang jauh lebih tinggi.

Kim Jong Un juga menyerukan kelanjutan produksi senjata nuklir untuk persenjataan Korea Utara. Namun pada 2018, dia mengumumkan moratorium uji coba nuklir. Pada awal 2020, Kim Jong Un mencabut moratorium.

Kongres Partai Buruh Kedelapan dimulai pada 5 Januari dan berlangsung selama delapan hari di Pyongyang.

Pada pembukaan kongres pekan lalu, Kim mengatakan kepada peserta kongres bahwa rencana ekonomi lima tahunnya gagal memenuhi target.

Dia menyalahkan sanksi internasional serta krisis tak terduga termasuk pandemi virus corona dan bencana alam sebagai penyebab utama kegagalan tersebut.

Secara terpisah, adik perempuan Kim Jong Un, Kim Yo Jong, mengkritik militer Korea Selatan karena memantau parade militer di Pyongyang. togel online

Kim Yo Jong mengatakan bahwa tindakan Korea Selatan merupakan ekspresi dari pendekatan permusuhan Korea Selatan terhadap Korea Utara.

Pihak militer Korea Selatan pada Senin (11/1/2021) menyatakan telah mendeteksi tanda-tanda Korut menggelar parade militer pada Minggu (10/1/2021) malam waktu setempat untuk memeriahkan Kongres Partai Buruh yang berkuasa.

By adminskit

suratkabarindo merupakan berita akurat , tajam dan terpercaya di indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *