AS Siap Bertemu Iran untuk Meninjau Perjanjian Nuklir 2015

Suratkabarindo – Amerika Serikat (AS) pada Kamis (18/2/2021) menyatakan siap bertemu dengan Iran untuk membahas kembali kesepakatan nuklir 2015.

Beberapa jam setelah Menteri Luar Negeri Antony Blinken berbicara dengan mitranya di Eropa, AS menyambut baik usulan pembicaraan dengan semua negara dalam kesepakatan nuklir Iran 2015. Direktur politik Uni Eropa, Enrique Mora, di Twitter kemudian mengusulkan pertemuan informal untuk semua peserta.

Dia mengatakan kesepakatan nuklir berada dalam tahap kritis menjelang tenggat waktu akhir pekan untuk Iran yang program nuklirnya akan diperiksa oleh PBB.

“Amerika Serikat akan memenuhi undangan dari Perwakilan Tinggi Uni Eropa untuk menghadiri pertemuan P5 + 1 dan Iran untuk membahas jalur diplomatik ke depan mengenai program nuklir Iran,” kata juru bicara Departemen Luar Negeri Ned Price.

Negara-negara yang termasuk dalam perjanjian nuklir 2015 adalah AS dan Iran, serta Inggris, China, Prancis, Jerman, dan Rusia. Mantan presiden AS Donald Trump menarik diri dari kesepakatan nuklir dan menjatuhkan sanksi besar-besaran yang melumpuhkan Iran.

Namun, Presiden Joe Biden mendukung kembalinya diplomasi dengan mengatakan perjanjian 2015 efektif dalam menekan program nuklir Teheran. Meski begitu, masih harus dilihat apakah Iran ingin duduk bersama AS.

Iran menegaskan AS harus mencabut sanksi terlebih dahulu sebelum kembali untuk mematuhi perjanjian nuklir 2015. Pada satu kesempatan, Kamis (18/2/2021), kabinet Joe Biden meminta tidak ada sanksi baru terhadap Iran dari PBB. togel online

Surat dari penjabat duta besar AS untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa, Richard Mills, menyatakan bahwa sanksi yang diberlakukan kembali pada bulan Agustus tetap dibatalkan. Mantan Menteri Luar Negeri Mike Pompeo berpendapat bahwa Amerika secara teknis masih menjadi peserta dalam perjanjian 2015.

By adminskit

suratkabarindo merupakan berita akurat , tajam dan terpercaya di indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *