AS Sekarang Menolak Klaim Israel di Dataran Tinggi Golan, kata PM Netanyahu

Suratkabarindo – Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan pada Selasa (9/2/2021) bahwa Dataran Tinggi Golan adalah milik Israel selamanya setelah pernyataan dari Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri AS membuat pernyataan yang tidak lagi mengakui klaim Israel atas Dataran Tinggi Golan, seperti dikutip dari Arab News.

Pada tahun 2019, Presiden AS Donald Trump tidak setuju dengan mayoritas negara lain dengan mengakui Dataran Tinggi Golan sebagai bagian dari Israel.

Israel menduduki dataran tinggi strategis dalam perang tahun 1967 dengan Suriah dan mencaploknya pada tahun 1981. Blinken mengatakan pada hari Senin bahwa ia melihat kendali atas Golan, yang menghadap Israel utara dan juga berbatasan dengan Lebanon dan Yordania, sebagai “penting bagi keamanan.

Israel” tetapi berhati-hati tentang hal itu. mengakui kedaulatan Israel atas wilayah tersebut. “Masalah hukum adalah masalah lain dan seiring berjalannya waktu, jika situasi di Suriah berubah, itu adalah sesuatu yang akan kami pertimbangkan. Tapi kami belum sampai di sana,” kata Blinken kepada CNN.

Netanyahu menjawab pernyataan itu, “Lihat, mereka mengatakan mereka sedang mempertimbangkannya, tetapi saya mempertimbangkannya.

Sejauh yang saya tahu, Dataran Tinggi Golan akan selamanya menjadi bagian dari Israel, bagian dari negara berdaulat.”

“Haruskah kita kembali ke Suriah?” Netanyahu menambahkan, “Haruskah kita mengembalikan Golan ke situasi di mana terjadi pembantaian yang berbahaya?” Suriah telah lama menuntut agar Golan dikembalikan dan aneksasi Israel atas wilayah tersebut tidak diakui secara internasional. togel online

Trump, yang menandatangani dekrit pada Maret 2019, menyatakan dukungannya untuk kedaulatan Israel atas Dataran Tinggi Golan Suriah, yang dianeksasi pada tahun 1981.

Sebuah langkah yang tidak pernah diakui dunia. Suriah pada saat itu menggambarkan keputusan Trump sebagai pelanggaran terang-terangan terhadap kedaulatan Suriah. Israel dan Suriah masih perang secara de facto di perbatasan di Dataran Tinggi Golan, yang telah dianeksasi Israel sejak akhir perang 6 Hari 1967.

By adminskit

suratkabarindo merupakan berita akurat , tajam dan terpercaya di indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *