5 Wisata Goa di Tuban, Yang Anda Harus Kunjungi

Suratkabarindo – Kabupaten Tuban Jawa Timur memiliki banyak gua yang dijadikan sebagai tempat wisata. Ada banyak goa terkenal, seperti Goa Akbar, Goa Putri Asih, Goa Kancing, dan Goa Ngerong.

Saat berkunjung ke sana, tak ada salahnya jika Anda mencoba mengunjungi salah satu gua berikut yang telah Kompas.com rangkum di bawah ini dari berbagai sumber.

1. Goa Putri Asih

Goa Putri Asih terletak di Desa Nguluhan, Kecamatan Montong, Tuban, Jawa Timur. Gua ini letaknya agak jauh dari pusat kota Tuban, yaitu sekitar 29 kilometer (km). Namun sesampainya di sana, Anda akan disuguhi dengan keindahan goa tersebut. Di sepanjang jalan masuk goa yang sempit, Anda akan disuguhi keindahan stalaktit dan stalagmit dengan warna agak kemerahan.

Di bagian dalam gua, Anda bisa melihat gua mutiara atau gua mutiara, ornamen yang terbentuk secara alami saat kerikil tertutup mineral kalsit di lantai gua. Area gua mutiara akan bersinar indah jika terkena cahaya. Orang sering menyebut ini sebagai cahaya surga. Gua Putri Asih buka setiap hari mulai pukul 08.00-16.00 WIB dengan harga tiket masuk Rp 10.000 untuk dewasa dan Rp 5.000 untuk anak-anak.

2. Tombol Goa

Goa Kancing merupakan sebuah lubang berbentuk sumur dengan kedalaman sekitar lima meter. Di bagian samping terdapat cekungan yang tidak terlalu dalam. Namun, pesonanya bukan pada lubangnya, melainkan pada dua tebing batu yang berdiri kokoh di atas mulut goa. Tebingnya sangat menarik dan terlihat begitu megah. Seringkali wisatawan menggunakannya sebagai background foto. Di sekitar tebing dan goa juga terdapat perbukitan hijau yang membuat suasana tempat ini cukup sejuk. Wisatawan juga sering datang kesini untuk menikmati momen matahari terbit dan terbenam. Goa Kancing terletak di Desa Jarum, Prunggahan Kulon, Kecamatan Semanding, Tuban, Jawa Timur. Gua ini buka setiap hari mulai pukul 05.30-18.00 WIB dengan harga tiket masuk Rp 5.000.

3. Goa Ngerong

Gua Ngerong terletak di Jalan Raya Rengel nomor 155, Kecamatan Rengel, Tuban, Jawa Timur. Gua ini termasuk salah satu yang paling populer, sehingga selalu ramai dikunjungi pengunjung. Berwisata ke sana, Anda bisa melakukan berbagai aktivitas, salah satunya mengarungi sungai di Gua Ngerong sepanjang 1,8 km dengan menggunakan perahu karet.

Di sungai tersebut terdapat banyak jenis hewan seperti ikan bader, mujair, ikan tawes, dan penyu raksasa. Gua ini juga dikenal dengan sebutan goa kelelawar atau goa lawa karena di dalamnya terdapat banyak sekali kelelawar yang hidup didalam goa tersebut.

Wisatawan bisa memberi makan ribuan ikan di sungai yang dikeramatkan warga setempat. Anak-anak bisa bermain perahu karet di sana, sedangkan orang dewasa bisa melakukan terapi terapi dengan berendam di ribuan ikan. Goa Ngerong buka setiap hari mulai pukul 08.00-16.00 WIB dengan harga tiket masuk Rp 3.000 untuk dewasa dan Rp 2.000 untuk anak-anak.

4. Goa Akbar

Gua Akbar merupakan salah satu gua di Tuban yang cukup populer di kalangan wisatawan. Jika biasanya goa lain terletak di pinggiran kota tuban, goa ini berada di tengah-tengah kabupaten tuban yang berada di kaki pasar tuban baru.

Terletak di Desa Gedongombo, Kecamatan Semanding, pengunjung yang datang ke goa alam ini akan disuguhi relief di sepanjang dindingnya. Relief tersebut menceritakan sejarah Tuban, termasuk penyebaran agama di Tuban dan budaya Tuban. togel online

Di dalamnya juga banyak terdapat stalagmit dan stalaktit yang terus menerus meneteskan air. Ada juga beberapa peternakan yang dibangun untuk tujuan pendidikan. Gua ini memiliki terowongan yang berkelok-kelok sepanjang 1,2 km dan diperkirakan berumur 20 juta tahun.

Salah satu penyebabnya adalah ditemukannya fosil hewan laut berupa cangkang pada bebatuan dan dinding gua.

Gua ini juga memiliki mata air alami bernama Kedung Tirta Agung. Konon gua ini merupakan tempat berkumpulnya para penjaga Songo dan tokoh-tokoh purbakala. Goa Akbar buka setiap hari mulai pukul 07.00-18.00 WIB dengan harga tiket masuk Rp 4.000 untuk hari biasa dan Rp 10.000 untuk hari libur atau akhir pekan.

5. Goa Suci

Goa Suci terletak di Dusun Suci, Desa Wangun, Kecamatan Palang, Tuban, Jawa Timur. Berbeda dengan yang lain, goa ini merupakan goa buatan karena terlihat seperti terbuat dari ukiran.

Namun gua ini sudah dibuat sejak jaman dahulu kala. Buktinya, terdapat angka Jawa 1026 yang menunjukkan tahun pembuatan ukiran goa tersebut. Goa Suci ditemukan sejak tahun 70-an, dengan kedalaman sekitar 14 meter. Atapnya berbentuk kerucut dan memiliki lubang di dinding gua dengan tangga. Bagian dalam goa cukup lebar bagi pengunjung untuk berfoto.

By adminskit

suratkabarindo merupakan berita akurat , tajam dan terpercaya di indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *